Bawaslu Desak Pemda Tegas Tertibkan Alat Peraga Bapaslon

Bawaslu Desak Pemda Tegas Tertibkan Alat Peraga Bapaslon

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

(aa/rzp)

Senin, 5 Februari 2018 | 22:20

Analisadaily (Medan) - Meski belum ditetapkan pasangan calon untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018, namun alat peraga seperti baliho, umbul-umbul, dan lainnya, dari bakal pasangan calon (Bapaslon) kian hari makin menjamur.

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan mengatakan, sebenarnya alat peraga itu bukanlah alat peraga kampanye, melainkan seperti alat untuk sosialisasi.

"Sekali lagi, saat ini belum memasuki masa kampanye karena belum ada penetapan pasangan calon. Tapi maraknya alat-alat peraga seperti itu mengganggu estetika. Sebab ruang publik masyarakat untuk mendapatkan informasi dari sarana-sarana tersebut semakin minim," katanya kepada Analisadaily.com, Senin (5/2).

Syafrida menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah menyurati tim pemenangan bapaslon Pilgubsu atas menjamurnya alat-alat sosialisasi dari Bapaslon tersebut.

"Namun tidak diindahkan oleh mereka, sehingga alat-alat sosialisasi dari Bapaslon itu semakin hari semakin banyak," sebutnya.

"Maka kami harap ada ketegasan dari pemerintah daerah kabupaten/kota untuk melakukan penertiban. Tidak perlu menunggu surat dari Panwaslu atau Bawaslu. Itu semua adalah wewenang-nya kepala daerah tersebut," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, masa kampanye untuk Pilkada serentak 2018 itu mulai 15 Februari sampai 23 Juni 2018. Sebelum masa kampanye dimulai, penetapan Paslon kepala daerah akan diumumkan pada 12 Februari mendatang.

(aa/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar