Bawa 5 Kilogram Sabu, IRT Diamankan Petugas BNN

Bawa 5 Kilogram Sabu, IRT Diamankan Petugas BNN

Tersangka Sy saat diamankan petugas BNN

(jw/eal)

Selasa, 19 Maret 2019 | 14:35

Analisadaily (Medan) - Seorang ibu rumah tangga (IRT) diamankan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia saat membawa narkoba jenis sabu-sabu dari Malaysia melalui jalur laut yang akan diselundupkan ke Provinsi Aceh.

"Penangkap tersebut dilakukan petugas pada Sabtu (16/3) kemarin. IRT itu sebagai kurir yang diamankan di Jalan Lintas Sumatera persisnya di wilayah Dumai," kata Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Pol. Arman Depari, Selasa (19/3).

Arman menjelaskan bahwa pihaknya juga mengamankan pelaku lainnya setelah dilakukan pengembangan. Dalam pengembangan itu enam orang ditangkap, yakni Ar (pengendali), Hr (kurir), A (kurir), Sy (IRT/kurir), H (ABK) dan Kr (ABK).

"Keenam orang itu diamankan dari lokasi yang berbeda. Para tersangka menggunakan jasa IRT untuk mengelabui petugas," jelasnya.

Arman mengungkapkan bahwa penangkapan ini berawal dari ditangkapnya tersangka Syamsiar di Jalan Sudirman, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Riau. Tersangka ditangkap saat menumpang becak motor dengan membawa sabu-sabu seberat 5 kilogram.

"Sabu-sabu itu akan dibawa tersangka ke Medan dengan menggunakan jasa travel," ungkapnya.

Setelah menangkap tersangka Sy, petugas kembali menangkap lima tersangka lainnya di dalam mobil warna merah nomor polisi BK 1385 ZZ. Di dalam mobil yang dikendarai kelima tersangka, petugas kembali menemukan barang bukti 4 kilogram sabu-sabu.

"Keenam tersangka datang dari Kota Medan menuju Dumai dengan mengendarai mobil untuk menjemput sabu-sabu. Rencananya sabu tersebut akan dibawa ke Medan dan diedarkan di sejumlah kota di Sumatera Utara," tukas Arman.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar