Bappeda: KEIN Dorong Percepatan Pembangunan Sumut

Bappeda: KEIN Dorong Percepatan Pembangunan Sumut

Kepala Bappeda Sumut,Irman Dj Oemar, menjadi salah satu pembicara di seminar KEIN, Senin (19/6).

(ns/rzp)

Senin, 19 Juni 2017 | 15:36

Analisadaily (Jakarta) - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Utara, Irman Dj Oemar, atas nama Pemprovsu menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, khususnya Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) karena terus mendorong upaya percepatan pembangunan di Sumut.

"Kita mengapresiasi perhatian pemerintah pusat untuk mempercepat realisasi pembangunan di Sumut yang menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi dan bisnis," kata Irman saat menjadi narasumber pada seminar yang diselenggarakan KEIN di Jakarta, Senin (19/6).

Ia memaparkan, adapun kawasan strategis nasional di Sumut antara lain Proyek Mebidangro, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke, Kawasan Ekonomi Khusus Pelabuhan Kuala Tanjung, Jalan Tol Medan-Binjai, Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi dan kawasan wisata Danau Toba.

Untuk mempercepat pembangunan mega proyek tersebut, menurut Irman, Pemprovsu perlu lebih intensif membangun komunikasi dengan pemerintah pusat, khususnya yang bisa diakses langsung kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Diakuinya, KEIN sebagai perpanjangan tangan presiden memiliki peran strategis untuk memberikan masukan dan kebijakan strategis kepada kepala negara, agar sejumlah proyek di Sumut bisa terealisasi sesuai dengan target yang direncanakan.

Irman menambahkan, pembangunan proyek di Sumut dipastikan akan memberi kontribusi besar terhadap peningkatan daya saing dan laju percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah barat.

Keikutsertaan Bappeda Sumut pada kegiatan seminar nasional di Kantor Menko Perekonomian tersebut sejalan dengan kebijakan Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, yang selama ini cukup gencar membangun komunikasi dengan sejumlah lembaga dan institusi di tingkat pemerintah pusat.

Salah satu kesimpulan yang mengemuka dari seminar nasional tersebut adalah Sumut sebagai kawasan strategis nasional perlu dibuat road map yang selanjutnya menjadi bahan masukan pada Presiden Jokowi.

Dia juga menyatakan sependapat dengan masukan-masukan dari beberapa narasumber yang mengharapkan, agar Sumut terus berkomitmen untuk melaksanakan pemerintahan yang bersih dan baik (good and clean government).

Dengan demikian, kata Irman, Sumut ke depan akan semakin cepat tumbuh menjadi sebuah provinsi yang berdaya saing dan meningkatkan pertumbuhan ekonominya lebih baik lagi.

Seminar nasional tersebut menghadirkan narasumber antara lain, Ketua KEIN RI, Sutrisno Bachir dan anggota Joni Darmawan, Benni Pasaribu. Hadir juga sejumlah pakar, Prof Adiningsih, Ketua Wantimpres, Raden Pardede, serta para pejabat dari Kementerian.

(ns/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar