Banyak Masyarakat Mulai Stok Ikan Laut Jelang Lebaran

Banyak Masyarakat Mulai Stok Ikan Laut Jelang Lebaran

Pedagang ikan di Pasar Simpang Limun.

(aa/rzd)

Jumat, 8 Juni 2018 | 14:39

Analisadaily (Medan) - Selain harga bahan pokok yang masih relatif normal, harga-harga ikan laut juga masih relatif normal jelang sepekan Lebaran 2018.

Pantauan Analisadaily.com di pasar tradisional Simpang Limun, Medan, Jumat (8/6), harga ikan laut seperti dencis, tongkol, gembung, masih relatif stabil sejak awal Ramadan.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Simpang Limun, Nursidah mengatakan, harga ikan masih stabil sampai sepekan jelang Lebaran dan belum ada peningkatan. Namun hanya saja harganya terbilang cukup tinggi.

"Harga masih stabil dan stok masih normal. Selain itu pembeli belum terlalu banyak. Sejauh ini masih normal-normal saja," katanya.

Wanita yang akrab dipanggil Nur itu menjelaskam, harga ikan tongkol masih Rp 25 ribu per kg, dencis Rp 30 ribu per kg, gembung Rp 40 ribu per kg, senangin Rp 45 ribu per kg, dan kakap Rp 50 ribu per kg.

Tidak hanya itu, Nur juga menyebut harga komoditas laut lainnya juga masih relatif tinggi seperti udang standar Rp 50 ribu per kg, cumi-cumi Rp 60 ribu per kg, serta kerang kupas Rp 45 per kg.

"Harga-harga ikan air tawar masih stabil. Lebih Rp 18 ribu per kg, nila Rp 27 ribu per kg, ikan mas Rp 28 ribu per kg, patin Rp 20 ribu per kg," bebernya.

Selain harga-harga relatif masih stabil, sebut Nur, stok barang juga masih normal. Namun pembeli saat ini mulai ramai karena banyak masyarakat yang mulai menyetok ikan.

"Diprediksi awal pekan depan mulai ramai karena semakin dekat hari H lebaran. Mendekati hari itu baru kami banyak menumpuk stok ikan karena selama lebaran tidak ada nelayan yang melaut sehingga harga ikan mulai naik," ucapnya.

"Karena itu lah nanti semakin banyak masyarakat yang menyetok ikan, karena hingga sepekan setelah Lebaran ikan laut kosong. Jadi setelah itu ikan air tawar yang banyak beli dan harganya pun kemungkinan besar pasti naik," tambahnya.

(aa/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar