Bantu Penukaran UPK, Bank Indonesia Gandeng Perbarindo

Bantu Penukaran UPK, Bank Indonesia Gandeng Perbarindo

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara.

(rel/rzd)

Jumat, 14 Desember 2018 | 14:19

Analisadaily (Medan) - Untuk membantu mengedarkan Uang Pecahan Kecil (UPK) layak pakai ke masyarakat dalam menghadapi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KpW) Sumatera Utara (Sumut) menggandeng Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo).

Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Andiwiana Septonarwanto mengatakan, mulai tahun ini pihaknya melakukan kerja sama dengan Perbarindo untuk membantu penukaran. Tujuannya agar masyarakat bisa menukarkan UPK di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

“Kegiatan ini sudah berlangsung tiga kali, pertama pada perayaan Imlek, Lebaran, dan ketiga di Natal tahun ini,” kata Andiwiana, Jumat (14/12).

Dijelaskannya, untuk Natal tahun ini lebih ditingkatkan lagi. Jika sebelumnya semua harus menukarkan ke Bank Indonesia di Medan, sekarang bisa di kantor Bank indonesia Sibolga dan Siantar. Bahkan di beberapa tempat mereka berkumpul, dan Bank Indonesia mendatangi.

“Mereka bisa tukar uang, kemudian menerima penukaran uang dari masyarakat,” ujarnya.

Untuk penukaran UPK menjelang Natal dan Tahun Baru kali ini, Perbarindo melakukan penukaran UPK senilai Rp 4,5 miliar lebih. Dari total penukaran tersebut, BPR di Medan melakukan penukaran tertinggi senilai Rp 4 miliar.

Diterangkan Andiwiana, ada 24 BPR yang melakukan penukaran di Bank Indonesia KpW Sumut. Dua di Bank Indonesia Siantar dan satu BPR menukar di Bank Indonesia Sibolga. Sisanya sebanyak 31 melakukan penukaran UPK di kas titipan Bank Indonesia di Kisaran, Kabanjahe, dan Balige.

“Penukaran UPK oleh Perbarindo didominasi pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan pecahan Rp 2.000,” terangnya.

Andiwiana mengungkapkan, dengan kerja sama ini diharapkan akses masyarakat akan mudah mendapatkan UPK. Apalagi saat hari besar keagamaan, dimana masyarakat ingin memberikan uang baru kepada keluarga.

“Melalui kerja sama, Perbarindo juga diharapkan sosialisasi ke masyarakat untuk menjaga uang agar tetap layak edar. Penting juga memberitahu tentang keaslian uang,” ungkapnya.

Ketua BPD Perbarindo Sumut, Syafruddin Siregar menyebut, kerja sama dengan Bank Indonesia diharapkan bisa memenuhi kebutuhan UPK nasabah BPR. Bukan hanya nasabah, pihaknya juga berharap kebutuhan UPK masyarakat di sekitar kantor operasional BPR bisa terpenuhi.

“Itu harapan dari kita,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar