Bantu Kelancaran Evakuasi Korban KM Sinar Bangun, Pertamina Dirikan Posko Kesehatan

Bantu Kelancaran Evakuasi Korban KM Sinar Bangun, Pertamina Dirikan Posko Kesehatan

Posko Pertamina (Foto: Istimewa).

(rel/rzd)

Sabtu, 23 Juni 2018 | 19:15

Analisadaily (Simalungun) - Posko Kesehatan Pertamina Peduli Marketing Operation Region  (MOR) 1 menyalurkan bantuan kesehatan bagi korban kapal tenggelam, relawan, tim evakuasi, serta masyarakat sekitar. 

Selama 2 hari sejak posko berjalan, sebanyak 55 orang telah mendapatkan pelayanan kesehatan. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Pertamina atas musibah tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba beberapa waktu yang lalu.

Bantuan layanan kesehatan dan makanan di posko Pertamina Peduli bekerjasama dengan PKPU dengan jumlah dokter sebanyak 3 orang, perawat 3 orang dan 2 apoteker. Layanan yang diberikan adalah pemeriksaan kesehatan, cek gula darah, kolesterol, dll.

Masyarakat yang memanfaatkan layanan ini mulai dari keluarga korban yang menunggu hasil pencarian dan evakuasi, relawan, tim evakuasi, sampai dengan masyarakat sekitar. Kegiatan ini sempat ditinjau oleh Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis, guna melihat proses penanganan berjalan.

Bantuan layanan kesehatan tersebut adalah peran lain dari Pertamina selain bantuan yang telah disalurkan berupa bahan bakar minyak 5.800 liter yang terdiri dari produk Pertalite dan Solar untuk operasional kapal pencarian korban serta 360 paket pelumas Mesrania 2T Super.

Penyaluran BBM maupun pelumas hanya melalui satu pintu, yaitu BASARNAS. Pertamina tidak melayani permintaan dari pihak lainnya untuk memastikan bantuan tersalurkan secara tepat sasaran.

Sejak dibuka, Posko Kesehatan sudah ramai dikunjungi warga maupun keluarga korban. Beragam keluhan kesehatan ditangani di posko tersebut.

Masyarakat sekitar juga banyak memanfaatkan posko gratis itu dengan pengobatan anak sakit dan anggota keluarga lainnya. Antusias itu terlihat dari padatnya kunjungan di sana.

Salah satu warga, J Sinaga mengaku senang dengan adanya posko itu. Menurutnya, posko sangat membantu keluarganya karena kebetulan istrinya sedang sakit.

"Istri saya demam sudah 2 hari. Sangat bagus dengan adanya posko ini. Istri saya bisa berobat gratis dan ditangani dokter langsung. Terimakasih. Mauliate da," katanya, Sabtu (23/6).

Sales Executive Retail Sumut III, Ajianto Puspoyo, mengaku turut senang Posko Pertamina Peduli dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Hal itu sejalan dengan misi utama dari Posko Pertamina Peduli untuk mendukung kelancaran proses pencarian dan evakuasi korban kapal tenggelam di Danau Toba.

"Pertamina sebagai BUMN selalu hadir dalam upaya penanganan bencana, termasuk yang diakibatkan kecelakaan transportasi ini, baik melalui kegiatan posko layanan kesehatan dan makanan hingga bantuan BBM dan pelumas," tutup Ajianto.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar