Bank Indonesia Siapkan UPK Rp 12,7 Triliun Hadapi Natal dan Tahun Baru

Bank Indonesia Siapkan UPK Rp 12,7 Triliun Hadapi Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi (Pixabay)

(rel/rzd)

Jumat, 14 Desember 2018 | 13:28

Analisadaily (Medan) – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KpW) Sumatera Utara menyiapkan Uang Pecahan Kecil (UPK) layak pakai senilai Rp12,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara, Andiwiana Septonarwanto mengatakan, kebutuhan uang untuk Natal dan Tahun Baru kali ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pihaknya sudah memperhitungkan berapa banyak uang yang dibutuhkan di wilayah Sumut.

“Uang kartal yang dibutuhkan itu sekitarRp 12,7 triliun. dan Bank Indonesia siap memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya, Jumat (14/12).

Khusus di Medan, Bank Indonesia menyiapkan sebesar Rp 3,8 triliun. Jumlah uang tersebut untuk memenuhi permintaan perbankan dari bank, dan tidak ada membuka loket untuk penukaran UPK seperti pada Idul Fitri.

“Jadi, bank yang meminta dan menyedikan sesuai kebutuhan nasabah masing-masing,” ujarnya.

Andiwiana menjelaskan, untuk penukaran UPK, BI juga bekerja sama dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat lndonesia (Perbarindo). Pihaknya  berkomitmen menyediakan kebutuhan UPK sesuai dengan jumlah dan pecahan yang diperlukan masyarakat.

“Kita, wilayah Sumut, juga telah melakukan antisipasi peningkatan kebutuhan uang menjelang Natal dan Tahun Baru dengan menjaga stok di atas kebutuhan masyarakat,” Andiwiana menandaskan.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar