Banjir Mulai Surut, Warga Kembali ke Rumah

Banjir Mulai Surut, Warga Kembali ke Rumah

Banjir di Sungai Deli, Medan, Jumat (16/11)

(jw/csp)

Jumat, 16 November 2018 | 12:00

Analisadaily (Medan) - Banjir di Kecamatan Medan Maimun pada Kamis (15/11) dini hari tadi perlahan mulai surut. Warga yang terkena dampak banjir pun kembali ke rumah masing-masing.

Icap mengatakan, kenaikan air Sungai Deli mulai terjadi pada Jumat (16/11) sekitar pukul 02.00 WIB, saat itu warga tengah beristirahat.

"Air mulai naik sekitar jam 2 dini hari tadi. Tapi, air mulai naik tinggi dan masuk ke rumah sekitar jam 4 pagi dengan ketinggian lebih kurang 1.5 meter," kata Icap kepada Analisadaily.com, Jumat (16/11) siang.

"Saat air naik itu, sebagian warga mulai mengungsikan barang-barangnya ke tempat yang lebih tinggi dan pengurus Masjid langsung menginformasikannya di Masjid," sambung Icap, yang tinggal di lingkungan IV, Kelurahan Aur, Kota Medan.

Icap juga menuturkan, sekarang warga Kampung Aur sudah menyiapkan dapur umum. "Kita sudah siapkan dapur umum. Sekarang air mulai surut, tapi kita tetap bersiap siaga bersama Kaltana Aur jika air naik lagi," ucapnya.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menyebutkan, tinggi muka air pada pukul 07.30 WIB di Lingkungan 3 dan 4, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun. Lebih kurang 70 rumah warga digenangi air dengan ketinggian di antara 80 - 100 cm.

"Akibatnya warga yang terdampak lebih kurang 550 KK, lebih kurang 1700 jiwa. Saat ini warga masih bertahan di rumah masing-masing," kata Manager Pusdalops BPBD Kota Medan, M Yunus, Jumat (16/11).

Kemudian, pukul 07.35 WIB. Di Lingkungan 7, 8 dan 9, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, digenangi air. Lebih kurang 682 rumah warga digenangi air dengan ketinggian 100 - 120 cm, namun perlahan sudah mulai turun.

"Terpantau warga yang terdampak lebih kurang 716 KK, lebih kurang 2852 jiwa. Warga mengungsi  ketempat yang lebih tinggi dan sebagian bertahan di rumah masing-masing," sambungnya.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar