Banjir di Belitung, Buaya Masuk ke Rumah Warga

Banjir di Belitung, Buaya Masuk ke Rumah Warga

Buaya masuk ke Kantor Dinas Pariwisata Belitung, Sabtu (16/7). (Ist/Twitter Sutopo Purwo Nugroho)

Senin, 17 Juli 2017 | 09:59

Analisadaily (Belitung) - Hujan deras yang berlangsung sejak Jumat (14/7) hingga Minggu (16/7) menyebabkan banjir yang luas di beberapa wilayah di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir terjadi sejak Sabtu (15/7) pukul 05.00 WIB, kemudian terus meningkat dan meluas. Ribuan rumah terendam banjir hingga ketinggian 1-2 meter.

Akibat banjir tersebut, beberapa ekor buaya naik ke daratan dan masuk ke rumah warga serta kantor pemerintah daerah setempat. “Kami masih menunggu laporan BPBD, ada buaya masuk ke Kantor Dinas Pariwisata Belitung,” kata Sutopo, Senin (17/7).

Banjir di Belitung, Minggu (16/7). (Ist/BNPB)

Banjir di Belitung, Minggu (16/7). (Ist/BNPB)

Di Kabupaten Belitung Timur, banjir melanda tujuh kecamatan. Evakuasi warga terhalang tingginya banjir dan terbatasnya perahu karet. Sementara banjir di Kabupaten Belitung melanda empat kecamatan.

Disebutkan, aparat gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas, SKPD, PMI, relawan dan masyarakat membantu evakuasi warga yang terkena banjir. Hingga saat ini belum ada laporan jumlah korban jiwa. Pengungsi ditempatkan pada daerah-daerah tinggi yang tidak terkena banjir. Pendataan masih dilakukan.

“Hujan yang turun di wilayah Belitung tergolong ekstrem sehingga menimbulkan banjir besar,” terang Sutopo.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar