Badko HMI Sumut Akan Gelar Aksi Solidaritas Untuk Rohingya

Badko HMI Sumut Akan Gelar Aksi Solidaritas Untuk Rohingya

Ketua Badko HMI Sumut, Septian Fujiansyah Chaniago

(jw/eal)

Kamis, 7 September 2017 | 14:26

Analisadaily (Medan) - Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara akan menggelar aksi solidaritas terhadap etnis Rohingya yang berada di Myanmar.

"Tragedi kemanusiaan di Myanmar jelas pelanggaran HAM oleh militer Myanmar," ucap Ketua Badko HMI Sumut, Septian Fujiansyah Chaniago, Kamis (7/9)

Septian menjelaskan, aksi tersebut akan digelar pada Jumat (8/9) yang akan diikuti oleh seluruh cabang dan komisariat HMI yang ada di Sumatera Utara.

"Kami akan mendesak Pemerintah Republik Indonesia untuk menekan Pemerintah Myanmar agar segera menghentikan tindak kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh aparat keamanannya," jelas Septian. 

Septian menegaskan, jika dalam waktu 3x24 jam terhitung mulai Jumat (8/9), pembantaian terhadap etnis Rohingya tidak juga berhenti, maka Badko HMI Sumut akan mendesak pemerintah untuk memutus hubungan diplomatik dengan Myanmar.

"Jika dalam tempo 3x24 jam Pemerintah Myanmar tidak menghentikan tindak kejahatan tersebut, maka kami mendesak Pemerintah Indonesia untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar dan mengusir Duta Besar Myanmar," tegasnya. 

Septian menambahkan, Pemerintah Indonesia juga harus menyampaikan sikap tegas soal perlakuan militer Myanmar ke forum PBB. Indonesia harus bisa membawa permasalahan ini ke PBB untuk dilakukan sidang darurat.

"Pemerintah Indonesia harus bisa menyampaikan sikap tegas dan terang dalam bentuk tekanan politik luar negeri," pungkasnya.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar