Arus Balik Lebaran Masih Panjang

Arus Balik Lebaran Masih Panjang

Salah satu loket bus di Kota Medan

(aa/eal)

Senin, 3 Juli 2017 | 22:04

Analisadaily (Medan) - Kendati libur lebaran 2017 sudah berakhir, namun arus balik via transportasi darat khususnya armada bus diprediksi masih panjang dan terbagi dalam beberapa tahap.

Sebab hingga H+6 dan H+7 Hari Raya Idul Fitri, belum ada kepadatan signifikan dari para pemudik yang balik ke Kota Medan.

Hal itu turut dibenarkan humas perusahaan otobus (PO) Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Kurnia Grup (Bus Kurnia-Anugerah-Pusaka), Sumantraji. Menurutnya, belum ada lonjakan yang signifikan dari para pemudik yang balik menggunakan armada bus pasca libur lebaran.

"Pemudik yang balik menggunakan armada kami belum terlalu ramai dibandingkan pada saat arus mudik kemarin. Saat ini baru sekitar 30-40 persen," kata Sumantraji saat dikonfirmasi Analisadaily.com, Senin (3/7).

Menurutnya, arus balik yang masih panjang dan terbagi dalam beberapa tahap tersebut dikarenakan libur lebaran tahun ini bertepatan dengan libur anak sekolahan.

"Berdasarkan data, masih banyak pemudik yang menggunakan armada kami hingga dua Minggu ke depan pada arus balik, terutama berasal dari Aceh. Mungkin itu karena bertepatan dengan libur sekolahan," sebutnya.

Hal senada juga terjadi pada PO Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Putra Padang Bolak tujuan Medan-Padang Lawas (Palas).

"Hingga arus balik H+7 kemarin, kepadatan penumpang baru sekitar 50 persen, itupun didominasi orang dewasa," ujar salah seorang petugas loket PO Putra Padang Bolak, Ilham Hasibuan.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar