Antisipasi Kemacetan, Polisi Buka Jalur Alternatif Medan-Berastagi

Antisipasi Kemacetan, Polisi Buka Jalur Alternatif Medan-Berastagi

Jalur alternatif Medan-Karo

(jw/eal)

Senin, 31 Desember 2018 | 17:58

Analisadaily (Karo) - Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas Medan-Karo akibat lonjakan wisatawan menuju objek wisata di Kabupaten Karo, terutama Berastagi, Polres Tanah Karo membuka jalur alternatif.

Kasat Lantas Tanah Karo, AKP Edward Simamora mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi lonjakan pengendara yang naik ke pegunungan saat malam pergantian tahun.

"Kita sudah buat jalur alternatif dari Medan menuju Berastagi yaitu dari simpang Pelawak belok ke kanan mengarah ke kebun bunga," kata Edward kepada Analisadaily.com, Senin (31/12) sore.

Sementara para pengendara dari Medan menuju Dairi, Aceh dan Simalungun bisa melalui jalur Taman Hutan Raya (Tahura) untuk menghindari kemacetan di Berastagi.

"Dari Tahura kita belok kiri dan langsung tembus ke Tigapanah. Dari jalur itu pengemudi bisa menuju daerah tersebut," ujar Edward.

Edward menjelaskan masyarakat yang hendak liburan ke Berastagi biasanya terhambat di kawasan wisata Mikie Holiday dan Bukit Kubu. Oleh karena itu pihaknya mengalihkan jalur lalu lintas ke Jaranguda, Kecamatan Merdeka, Karo.

"Dari Jaranguda masyarakat bisa langsung ke arah Gundaling, Berastagi," jelasnya.

"Selain membuat jalur alternatif, kita juga akan memasang rambu-rambu ke arah jalur alternatif tersebut," sambung Edward.

Ditanyai mengenai kondisi jalur alternatif dari Langkat menuju Karo, Edward mengatakan bahwa pihaknya belum melakukan sosialisasi terkait jalur tersebut. Namun kendaraan pribadi sudah bisa melintasi jalur itu.

"Kalau kita survei sebenarnya itu sudah layak dilalui oleh mobil-mobil pribadi, namun belum disosialisasikan. Kemungkinan setelah tahun baru kita sosialisasikan kepada masyarakat," pungkasnya.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar