Antisipasi Banjir, P3SU Bersihkan Sungai Batuan

Antisipasi Banjir, P3SU Bersihkan Sungai Batuan

P3SU membersihkan Sungai Batuan, Jumat (9/3).

Jumat, 9 Maret 2018 | 19:46

Analisadaily (Medan) - Camat Medan Amplas, Khoiruddin Rangkuti, menurunkan 20 personil Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) untuk melakukan pengorekan di sepanjang Sungai Batuan, Kelurahan Sitirejo II.

Menurut Khoiruddin, kondisi Sungai Batuan memang perlu pengorekan. Sebab, permukaannya dipenuhi semak belukar sehingga air tidak mengalir lancar. Jika ini tidak segera diatasi, itu khawatir dapat memicu terjadinya banjir pada saat hujan deras turun.

“Dalam beberapa hari ini, kita lihat hujan mulai turun. Jika aliran sungai tidak mengalir, kita khawatir tidak mampu menampung debit air hujan, sehingga meluap dan menggenangi rumah warga. Untuk itulah kita turunkan personil P3SU melakukan pembersihan,” kata Khoiruddin, Jumat (9/3).

Selain membersihkan permukaan sungai dari semak belukar, personel P3SU juga memasuki sungai untuk mengorek lumpur dengan menggunakan peralatan manual seperti cangkul dan lainnya. Bahkan termasuk membersihkan gorong-gorong di bawah jembatan.

Dikatakan Khoiruddin, pembersihan maupun pengorekan yang dilakukan berjalan lancar tanpa ditemui kendala sedikit pun. “Alhamdulillah, tidak ada kendala sedikit pun, walaupun pakai peralatan manual namun pembersihan dan pengorekan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Selanjutnya seluruh semak belukar, sampah maupun lumpur yang menyebabkan terjadinya sendimentasi di dasar sungai berhasil diangkat dan kemudian dibuang ke lokasi pembuangan. Hasil pengerjaan memuaskan, selain terlihat bersih, air Sungai Batuan pun mengalir kembali.

“Semoga dengan pembersihan yang kita lakukan ini, Sungai Batuan dapat berfungsi menampung debit air hujan. Dengan demikian kecil kemungkinan kawasan ini akan tergenangi air maupun banjir ketika hujan deras turun,” paparnya.

Guna menjaga agar Sungai Batuan tetap bersih, mantan Camat Medan Johor itu berharap kepada seluruh warga sekitar agar dapat menjaga kebersihan lingkungan, terutama drainase di sekitar rumah mereka masing-masing.

“Mari kita galakan kembali kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar, minimal tidak membuang sampah sembarangan, terutama dalam saluran drainase maupun sungai. Yang selama ini sama-sama kita ketahui pemicu utama terjadinya genangan air maupun banjir karena sampah menyumbat saluran drainase maupun sungai,” harapnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar