Amankan Perairan Barat, Pangarmabar Resmikan Polisi Militer Koarmabar

Amankan Perairan Barat, Pangarmabar Resmikan Polisi Militer Koarmabar

(dtc)

Jumat, 10 Juli 2015 | 09:30

detikNews - Jakarta, Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), Laksamana Muda TNI A Taufiq, melantik Polisi Militer (POM) Koarmabar. POM Koarmabar berdiri untuk ikut serta dalam proses pengamanan perairan wilayah barat.

Pelantikan digelar di  Markas Koarmabar, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2015). 

Taufiq menjelaskan peresmian Polisi militer Koarmabar ini mengacu pada Peraturan Panglima TNI Nomor 14 Tahun 2015 tanggal 11 Juni 2015 tentang Perubahan nama Dinas Provos Koarmabar menjadi Polisi Militer Koarmabar. "POM Koarmabar bertanggung jawab menyelesaikan penegakan hukum, penyidikan, pengamanan fisik, ketertiban dan disiplin serta mengawasi secara langsung terhadap pelaksanaan kegiatan dan operasi kepolisian militer yang dilaksanakan oleh Pomal Kewilayahan," ujar Taufiq.

Selain itu, PM Koarmabar yang berada di bawah langsung Panglima Koarmabar bertanggung jawab melakukan pembinaan personel, material khusus, dan pembinaan teknis kepolisian militer. "Serta melaksanakan penyelidikan dan penyidikan perkara terhadap prajurit TNI angkatan laut di wilayah tanggung jawab komandonya dalam hal tertangkap tangan atas permintaan dan bersifat khusus," terangnya.

Taufik mengimbau kepada jajaran POM Koarmabar untuk selalu berkoordinasi dan membina hubungan baik dengan POM angkatan, Propam Polri, dan Satuan unsur maritim. "Kita merasa perlu di armada perairan barat harus ada polisi militer. Jumlahnya 85 personel yang bertugas dan wilayah perairannya dari Sabang hingga Cirebon, Jawa Barat,"

Dalam peresmian Polisi Militer Koarmabar ini, diikuti juga oleh 1 peleton Pomad, Pomau, Pomal, Provos Polri, Yon Prov, Yonmarlan III, Beas Cukai, KPLP, Imigrasi, dan Satpol PP.

Kemudian, peresmian oleh Pangarmabar dilanjutkan juga dengan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando kepada Komandan Polisi Militer Koarmabar Kolonel Laut Nazali Lempo. (fan)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar