Alasan Fakultas Hukum Jadi Favorit di USU

Alasan Fakultas Hukum Jadi Favorit di USU

Dekan Fakultas Hukum USU, Prof. Dr. Budiman Ginting, SH, M.Hum

(jw/eal)

Kamis, 11 Juli 2019 | 20:35

Analisadaily (Medan) - Saat pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum paling banyak diminati calon mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

Mengetahui Prodi yang dipimpinnya memiliki banyak peminat, Dekan Fakultas Hukum USU, Prof. Dr. Budiman Ginting, SH, M.Hum, menjabarkan alasannya.

Budiman menuturkan bahwa dari enam Prodi favorit di USU, Prodi Ilmu Hukum menjadi yang paling banyak peminatnya yaitu 1.822 orang.

"Saya kira bukan hanya tahun ini, tiap tahun masuk dalam fakultas favorit. SBMPTN 2019 ini fakultas hukum paling teratas yang banyak diminati oleh masyarakat," kata Budiman kepada Analisadaily.com, Kamis (11/7).

Banyaknya calon mahasiswa yang mengambil jurusan hukum, menurut Budiman karena kualitas Fakultas Hukum USU sudah terakreditasi A.

"Menurut saya kenapa Fakultas Hukum jadi favorit, pertama itu banyak masyarakat yang minat, kedua soal kualitas, apalagi akreditasi kita A, baik yang S1 dan S2," jelasnya.

Budiman juga mengungkapkan bahwa selain akreditasi A, banyak alumni dan lulusan dari Fakultas Hukum USU yang bekerja di pengadilan, kejaksaan dan sebagai pengacara yang di seluruh Indonesia. Sehingga hal ini menjadi daya tarik bagi masyarakat.

"Alumni kita ada yang bekerja di MK, MA dan di Kejaksaan Agung. Kalau dilihat dari situkan banyak berprestasi. Apalagi sekarang banyak masyarakat yang minat masuk Fakultas Hukum. Bukan hanya di Sumatera Utara, di Jawa juga untuk Fakultas Hukum lagi ngetrend dan favorit," ungkapnya.

Budiman menjelaskan bahwa saat ini seluruh instansi yang ada di Indonesia, baik negeri maupun swasta sangat membutuhkan sarjana hukum. Karena setiap instansi harus berbadan hukum.

"Tamatan dari Fakultas Hukum itu bisa masuk kemana saja. Karena semua instansi membutuhkan sarjana hukum, baik instansi pemerintah maupun swasta, wajib ada seperti itu," pungkasnya.

Untuk diketahui, saat pengumuman SBMPTN 2019 hari Selasa (9/7) kemarin, sebanyak 3.091 orang dinyatakan lulus di Universitas Sumatera Utara (USU). Jumlah 3.091 yang lulus itu terdiri dari 2.463 peserta asal Sumatera Utara dan 628 dari luar Sumatera Utara.

Sementara untuk program studi favorit yang tinggi peminatnya pada tahun ini di USU antara lain, kategori Saintek (IPA) dan Prodi Ilmu Hukum 1.822 orang.

Kemudian Prodi Ilmu Administrasi Negara 1.598 orang, Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat 1.561 orang, Prodi Ilmu Administrasi Bisnis pada kategori Soshum (IPS) ada 1.471 orang. Selanjutnya Prodi Agro Ekoteknologi 1.387 orang dan Prodi Kehutanan 1.324 orang.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar