Akibat Banjir Rob, 331 WBP Lapas Pekalongan Dipindah ke Nusakambangan

Akibat Banjir Rob, 331 WBP Lapas Pekalongan Dipindah ke Nusakambangan

Kondisi Lapas Pekalongan dilanda banjir Rob. (Foto: Istimewa).

(rel/rzd)

Sabtu, 26 Mei 2018 | 10:17

Analisadaily (Jakarta) - Sebanyak 466 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari total berjumlah 769 WBP di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pekalongan dipindahkan ke beberapa Lapas di wilayah Jawa Tengah karena musibah banjir Rob.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 331 di antaranya dialokasikan berpindah ke Lapas di Nusakambangan, pada Jumat 25 Mei 2018.

“Langkah ini harus dilakukan karena seluruh kamar hunian di Lapas Pekalongan, termasuk tempat tidurnya penuh digenangi banjir Rob,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, Sabtu (26/5).

Dikarenakan kondisi banjir Rob menyebabkan hunian kamar para WBP menjadi tidak layak. Kemudian ditambah lagi suplai air bersih dan MCK terganggu.

“Tentunya kondisi saat ini di Lapas Pekalongan tidak memadai untuk membina WBP,” ucapnya.

Para WBP selain dipindahkan ke Lapas di Nusakambangan, beberapa WBP juga dialokasikan ke Rutan Salatiga, Rutan Batang, Lapas Slawi, Lapas Ambarawa, Lapas Kendal dan Rutan Pemalang menjadi tujuan evakuasi WBP Lapas Pekalongan.

“Sehabis Maghrib dipindahkan 20 narapidana lagi ke Lapas Brebes. Kami akan intens berkoordinasi dengan pemerintah daerah Pekalongan untuk membantu proses relokasi dan pemulihan Lapas Pekalongan,” terang Utami.

Kondisi Lapas Pekalongan dilanda banjir Rob. (Foto: Istimewa).

Kondisi Lapas Pekalongan dilanda banjir Rob. (Foto: Istimewa).

Pelaksana tugas Kalapas Pekalongan, Bawono Ika menambahkan, sisa WBP yang masih bertahan secara bertahap akan dipindahkan lagi ke beberapa Lapas. Para WBP yang masih tinggal tetap ditempatkan di kamar hunian masing-masing.

Meski begitu, petugas telah berkoordinasi dengan para WBP supaya mengantisipasi kamar yang penuh air dengan membentangkan sarung atau kain. Kain dibuat seperti ayunan dan untuk sementara para WBP di atasnya.

“Bahkan pada saat puncak Rob Rabu kemarin. Mereka (Para WBP) sempat tidur di atap kamar sembari diawasi para petugas Lapas. Lapas Pekalongan akan dikosongkan hingga batas waktu yang sesuai untuk layak dihuni kembali,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar