Akhyar: Kami Mohon Jangan Buang Sampah ke Parit dan Sungai

Akhyar: Kami Mohon Jangan Buang Sampah ke Parit dan Sungai

Pemko Medan bersama Kodam I/BB membersihkan gorong-gorong di Jalan Kapten Sumarsono, Jumat (22/3)

(jw/eal)

Jumat, 22 Maret 2019 | 20:22

Analisadaily (Medan) - Untuk mengatasi terjadinya banjir, Pemerintah Kota Medan bersama Komando Daerah I/Bukit Barisan (Kodam I/BB) menggelar aksi bersih-bersih di Sungai Bedera dan gorong-gorong di Jalan Kapten Sumarsono, tepatnya di depan pintu masuk Tol Helvetia, Jumat (22/3).

Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, mengatakan bahwa saat dilakukan pembersihan, pihaknya melihat banyak sampah rumah tangga yang mengakibatkan gorong-gorong tersumbat.  

"Ini akibat sampah yang tersumbat sehingga membuat air tidak mengalir," kata Akhyar didampingi Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hasanuddin, dan Aster Kasdam I/BB, Kolonel Inf. Parluhutan Marpaung.

Guna membersihkan tumpukan sampah tersebut, satu unit long amp loader diturunkan. Namun upaya pembersihan sempat terhalang akibat bagian gorong-gorong yang terbuka (bak kontrol) ditutupi terali besi. Setelah Wakil Walikota, Kasdam dan Aster Kasdam berkoordinasi, terali besi pun dibuka menggunakan long amp loader.

"Saat bak kontrol dibuka, ditemukan kabel tebal yang panjang dan potongan batang pohon yang selama ini memperparah terjadinya penyumbatan sehingga air tidak jalan," sesal Akhyar.

Akhyar pun meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah ke parit maupun sungai. Sebab banyak parit maupun sungai dipenuhi sampah sehingga terjadi penyumbatan yang berdampak pada banjir.

"Kami memohon dengan sangat kepada seluruh warga Kota Medan supaya tidak membuang sampah lagi ke parit maupun sungai. Pasalnya, tindakan itu menyebabkan parit dan sungai tersumbat sehingga berdampak terjadinya banjir. Untuk itu marilah kita wadahi sampah dengan baik dan tempatkan di depan rumah, petugas kebersihan akan mengangkutnya," imbaunya.

"Sungai Bedera saat ini mengalami penyumbatan, penyempitan dan pendangkalan yang cukup parah. Insha Allah dalam waktu mendatang, kita akan melakukan normalisasi secara mekanis," tambahnya.

Sementara itu Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hasanuddin, menyampaikan rasa prihatin atas tumpukan sampah dalam gorong-gorong. Kasdam menegaskan, Kodam I/BB siap membantu Pemko Medan dan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II dalam menormalisasi Sungai Bedera.

"Sebagai seorang prajurit yang memiliki tugas menjaga kedaulatan NKRI, TNI juga memiliki tugas membantu pemerintah daerah sebagai Karya Bhakti TNI," tegasnya.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar