Akhyar: Anggota Pramuka Harus Memiliki Seribu Manfaat

Akhyar: Anggota Pramuka Harus Memiliki Seribu Manfaat

Upacara memperingati Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di lahan eks Taman Ria, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan (Ist)

(rel/rzd)

Rabu, 14 Agustus 2019 | 22:00

Analisadaily (Medan) - Ribuan anggota Pramuka se-Kota Medan menghadiri upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di lahan eks Taman Ria, Jalan Gatot Subroto.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kota Medan diwakili Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, bertindak sebagai pembina upacara.

Upacara yang berlangsung tertib dan penuh khidmat dengan mengusung tema ‘Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI’ dihadiri seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Jajaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan berjumlah sekitar 6.500.

Akhyar memberikan tanda Pramuka kepada Pramuka Garuda dan piagam penghargaan kepada para camat selaku Majelis Pembimbing Ranting se-Kota Medan. Dengan pemberian penghargaan, para camat semakin termotivasi untuk memajukan Pramuka.

Akhyar mengatakan, sebagaimana layaknya pohon kelapa yang memiliki seribu manfaat dari akar sampai daunnya, anggota Pramuka juga harus memiliki seribu manfaat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

“Hal penting dalam pelatihan pramuka adalah pendidikan bukan instruksi. Artinya, yang diutamakan dalam kegiatan pelatihan pramuka adalah capacity building para anggotanya, bukan perintah maupun instruksi,” kata Akhyar, Rabu (14/8).

Akhyar juga menambahkan, pendidikan Pramuka mengajarkan kemandirian, kerja sama, persahabatan, kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental, serta moral yang luhur. Hal ini menunjukan, melalui proses yang panjang, anggota Pramuka menjadi manusia-manusia unggul.

“Berbagai pelatihan dalam Pramuka kerap membuat kita bermandi keringat dengan tubuh penuh debu, berkawan dinginnya angin malam ditemani hangatnya api unggun serta bernyanyi ditemani gitar dan cahaya rembulan. Itu semua justru semakin membuat kita mampu menghargai alam dan berbagai cipataan Sang Kuasa,” sebutnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan, Husni, berpesan agar anggota Pramuka Kota Medan terus berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka. Lalu, mengisi waktu muda dengan kegiatan yang positif dan kreatif.

“Saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, kreatif, petarung dan bukan generasi pecundang,” ungkapnya.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar