Akan Jadi Tamu Kehormatan FBF, Indonesia Akan Kenalkan Kebudayaan Nusantara

Laporan dari Jerman

Akan Jadi Tamu Kehormatan FBF, Indonesia Akan Kenalkan Kebudayaan Nusantara

(dtc) Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti

Kamis, 9 Oktober 2014 | 19:15

detikNews - Frankfurt, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti menyatakan kesiapan Indonesia sebagai tamu kehormatan Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 mendatang. Indonesia akan menampilkan keberagaman budaya dalam FBF mendatang.

Sebagai negara kepulauan yang memiliki 17 ribu pulau, Indonesia memiliki beragam budaya, etnik dan agama. Dalam kesempatan sebagai tamu kehormatan dalam FBF tahun 2015 nanti, Indonesia akan memperkenalkan budaya bangsa melalui buku-buku karya anak negeri.

"Mungkin Anda mengenal Indonesia hanya Bali dan Jawa saja, tetapi itu hanya sebagian pulau dari Indonesia. Tetapi sebenarnya ada ribuan pulau di Indonesia lainnya yang bisa Anda jelajahi," ujar Wiendu.

Hal itu disampaikan Wiendu dalam sambutan saat konferensi pers dalam memperkenalkan Indonesia sebagai Guest of Honour of Frankfurt Book Fair 2015, di Room Fantasy Congres Center, Frankfurt Trade Messe, Frankfurt, Jerman, Kamis (9/10/2014) pukul 11.00 waktu setempat.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki 600 bahasa ibu, 6 agama dan 65 ribu candi bersejarah yang tersebar di beberapa pulau di Indonesia. "Anda bisa bayangkan warisan budaya leluhur Indonesia begitu banyak," lanjutnya.

"Di Indonesia, yang dikelilingi perairan dan gunung berapi, keberagaman perbedaan yang luar biasa dapat ditemukan dalam kepustakaan. Kami ingin memperlihatkan dalam event di Franfurt ini bagaimana dinamisnya kepustakaan Indonesia yang hanya sebagian kecil yang diketahui dunia," tambahnya.

Karakteristik Indonesia yang dikenal dalam keberagaman bahasa dan juga memiliki tradisi dongeng. Dalam kesempatan sebagai GoH pada FBF tahun depan, Indonesia akan membawa buku-buku dengan tema yang beragam, mulai dari novel, biografi, buku kebudayaan, buku foto, buku anak dan buku pendidikan serta banyak buku lainnya.

Seperti diketahui, Finlandia merupakan tamu kehormatan dalam FBF 2014 ini. Sebagai tamu kehormatan di tahun yang akan datang, Wiendu menyatakan bahwa Indonesia akan lebih baik dan menarik lagi dalam penampilannya.

"We know Finnland is cool but Indonesia is very hot!," tutup Wiendu. Finnland.Cool merupakan tagline Finlandia sebagai GoH Frankfurt Book Fair 2014.

Konferensi pers dalam perkenalan Indonesia sebagai Guest of Honour of Frankfurt Book Fair 2015 ini diikuti oleh delegasi Indonesia, delegasi dari negara lain serta media asing dan lokal. Hadir sebagai pembicara selain Wiendu, Sekjen Kemendikbud Ainun Naim, Goenawan Mohamad, dan Sekjen IKAPI Hunsi Syawie. Dubes Indonesia untuk Jerman, Fauzi Bowo (Foke) juga hadir dalam acara tersebut. (mei)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar