AJI Medan Buka Pendaftaran Uji Kompetensi Jurnalis Angkatan II

AJI Medan Buka Pendaftaran Uji Kompetensi Jurnalis Angkatan II

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan gelar Uji Kompetensi Jurnalis, Kamis (9/8)

(rzp/csp)

Kamis, 9 Agustus 2018 | 16:06

Analisadaily (Medan) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan kembali melaksankan Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) Angkatan II pada 25-26 Agustus 2018.

Ketua Panitia Pelaksanaan Uji Kompetensi Jurnalis, Vinsensius Sitepu mengatakan, syarat utama mengikutinya adalah anggota AJI yang minimal setahun menjadi anggota, dan telah membayar iuran keanggotaan sebelum UKJ digelar.

Bagi yang belum mendapat kartu anggota, dapat mengikuti UKJ dengan melampirkan bukti pembayaran iuran terakhir.

“Klasifikasi tingkatan peserta UKJ terdiri atas Jurnalis Muda, yang berarti sudah menjalankan kerja jurnalistik profesional antara 2-5 tahun berjalan, atau berposisi sebagai reporter/asisten penulis/asisten produser/asisten redaktur,” kata Vinsen, Kamis (9/8/2018).

Selanjutnya, Jurnalis madya, yang menjalankan kerja jurnalistik profesional antara 6-11 tahun berjalan atau berposisi penulis/produser/redaktur.

Sedangkan Jurnalis Utama, masih kata Vinsen, yang menjalankan kerja jurnalistik profesional minimal 12 tahun atau berposisi pemimpin redaksi/wakil pemimpin redaksi/redaktur senior/produser senior/redaktur pelaksana/penanggungjawab rubrik/koordinator liputan,

“Persyaratan ujian kenaikan tingkat dari jenjang Muda ke Madya, minimal sudah menjadi pemegang setifikat UKJ muda selama tiga tahun. Kenaikan tingkat dari jenjang Madya ke Utama, minimal menjadi pemegang sertifikat UKJ Mdya selama 2 tahun,” paparnya.

Ketua AJI Medan, Agoez Perdana menargetkan, pelaksanaan UKJ kali bisa diikuti seluruh anggota AJI Medan dan AJI Kota sekitarnya yang belum pernah mengikuti UKJ, maupun yang akan mengikuti ujian kenaikan tingkat.

“Jumlah anggota AJI Medan saat ini hampir mencapai 100 orang, dengan domisili tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara. Kami optimis seluruhnya akan bisa lulus UKJ dan menjadi jurnalis yang berkompeten,” ujar Agoez, yang juga penguji magang.

Pendaftaran UKJ dapat dilakukan secara online melalui website http://medan.aji.or.id/formulir-pendaftaran-ukj-aji-medan/ paling lambat 15 Agustus 2018. Panitia selanjutnya akan menghubungi calon peserta UKJ yang sudah mendaftar untuk melengkapi persyaratan administratif.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar