Ada Tiga Metode Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri

Ada Tiga Metode Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri

Komisioner KPU Republik Indonesia, Evi Novida Ginting Manik (kiri)

(jw/eal)

Senin, 15 April 2019 | 14:51

Analisadaily (Medan) - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tidak hanya berlangsung di Indonesia. Namun Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri juga ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun tersebut.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Evi Novida Ginting Manik, mengatakan ada tiga metode pemilihan yang digunakan di luar negeri sebelum dilakukan penghitungan oleh KPU.

"Pertama adalah TPS yang ditempatkan di perwakilan pemerintah di luar negeri. Kemudian lewat kotak suara keliling dan terakhir via pos," kata Evi saat meninjau persiapan Pemilu di Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Senin (15/4) siang.

Evi juga menjelaskan metode penghitungan surat suara yang dikirim via pos kepada pemilih. Setelah memberikan suaranya, kemudian pemilih mengirim kembali surat suara kepada petugas yang ada di luar negeri. Jumlah surat suara yang kembali inilah yang akan dihitung.  

"Jadi kalau tidak kembali tidak kita hitung. Pas 17 April nanti seluruh surat suara yang ada di 130 perwakilan yang ada di seluruh dunia akan dihitung," jelasnya.

Menurutnya banyak WNI di luar negeri yang antusias ketika memberikan suaranya di tempat pemungutan suara. Hal ini yang kemudian sempat menimbulkan kekacauan dan sejumlah protes.

"Kacau balau dan protes di luar negeri itu karena banyaknya antusias masyarakat Indonesia di luar negeri yang ingin menggunakan hak pilihnya kemarin. Kita juga telah melakukannya sesuai prosedur. Kalau memang terjadi pelanggaran akan ada rekomendasi dari Bawaslu."

"Bahkan ada antrean panjang karena pemilih yang datang ke TPS karena kita tidak bisa membuat TPS seperti di dalam negeri. Karena di sana harus ada izin pemerintah negara tersebut," tukasnya.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar