Ada Ribuan Pemilih di Kota Medan Belum Melakukan Perekaman e-KTP

Ada Ribuan Pemilih di Kota Medan Belum Melakukan Perekaman e-KTP

Ketua KPU Kota Medan, Herdensi Adnin

(aa/eal)

Kamis, 7 Juni 2018 | 16:43

Analisadaily (Medan) - Ketua KPU Kota Medan, Herdensi Adnin mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan perihal perekaman KTP elektronik (e-KTP).

"Pertemuan itu membahas sudah berapa banyak pemilih di Kota Medan yang belum melakukan perekaman e-KTP. Sebab hari pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 tinggal tiga pekan lagi," kata Herdensi kepada Analisadaily.com, Kamis (7/6).

Menurut Herdensi, ada sekitar 26 ribu pemilih di Kota Medan yang belum melakukan perekaman e-KTP. Jumlah tersebut masuk ke dalam daftar pemilih potensial sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgubsu 2018.

"Pihak Disdukcapil menyebut, dari 26 ribu pemilih itu, sekitar 11 ribu lebih pemilih sudah melakukan perekaman. Sisanya sekitar 14 ribu lebih, pihak Disdukcapil terus mengebut perekaman," sebutnya.

Meski 14 ribu lebih pemilih belum melakukan perekaman e-KTP, namun KPU sudah memasukkannya ke dalam DPT. Sebab mereka sudah terdaftar dalam database kependudukan.

"Namun demikian saat hari pemungutan nanti semua pemilih yang terdaftar dalam DPT wajib membawa e-KTP atau Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil. Karena syarat utama agar dapat menggunakan hak pilih harus menunjukkan e-KTP atau suket tersebut," ungkapnya.

Sementara Kabid Pengelolaan Informasi dan Kependudukan Disdukcapil Kota Medan, Arpian Saragih mengatakan, pihaknya terus mengebut perekaman kepada mereka yang belum melakukan perekaman e-KTP.

"Oleh karena itu kami terus mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan perekaman E-KTP agar diberikan Suket yang nantinya dapat dipergunakan untuk hari pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang," tukasnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar