66 Pelajar Sumut Lulus Paskibraka Tingkat Provinsi

66 Pelajar Sumut Lulus Paskibraka Tingkat Provinsi

Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara

(aa/eal)

Rabu, 5 Juli 2017 | 16:40

Analisadaily (Medan) - Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pengprovsu) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu) telah mengumumkan 66 pelajar tingkat SMA sederajat yang dinyatakan lulus mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat provinsi.

Hal itu disampaikan langsung Kabid Kepemudaan Dispora Sumut, M. Thohir. Menurutnya, ke-66 pelajar yang lulus tersebut berdasarkan hasil seleksi pada 18-20 Mei 2017 dari 132 peserta di 33 kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

"Dan hasilnya menetapkan sebanyak 66 pelajar yang lulus menjadi Paskibraka, dengan rincian 2 pelajar dari masing-masing daerah. Nantinya mereka menjadi anggota Paskibraka pada saat peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-72 di Lapangan Merdeka Medan tanggal 17 Agustus mendatang," ujar M. Thohir kepada Analisadaily.com, Rabu (5/7).

Ia menuturkan, para pelajar yang lulus seleksi tersebut sukses melawati penilaian dari tim penilai dengan kriteria, pelajar putri memiliki tinggi minimal 165 cm dan putra minimal 170 cm, saat seleksi masih duduk di kelas X, tidak buta warna, tidak berkacamata, negatif narkoba setelah tes urine dari BNN Sumut serta lolos kesamaptaan dari tim seleksi TNI/Polri

Lanjutnya, para pelajar yang lulus tersebut akan mengikuti pelatihan dan diasramakan di Geus House Avros, Jalan Brigjen Katamso, Medan mulai 31 Juli hingga 19 Agustus. Sedangkan praktik latihan digelar di Lapangan Merdeka Medan.

"Untuk tim pelatih masih dalam proses, namun tetap mengacu pada tahun sebelumnya yang dilatih dari unsur TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri."

Selain itu, sambungnya, ada dua pelajar Sumut yang lulus Paskibraka tingkat Nasional yakni Fadly Ichsan Siregar pelajar SMAN 1 Medan dan Ruth Cheline Eglesya Purba pelajar SMAN 2 Binjai.

"Kedua pelajar terbaik yang merupakan utusan Sumut ini akan mengikuti pelatihan Paskibraka Nasional di Pusat Pendidikan dan Pengembangan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPON) Cibubur Jakarta Timur," terangnya.

Untuk menjadi Paskibraka, lanjut M. Thohir, bukan hal yang mudah karena Paskibraka merupakan pelajar pilihan yang telah diseleksi dalam banyak tahapan sehingga didapat yang terbaik.

"Kepercayaan untuk mengibarkan sang saka merupakan kesempatan langka yang tidak dimiliki oleh semua pelajar di Sumut. Karenanya, kepercayaan dan tanggung jawab yang telah diberikan seyogyanya dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin serta diharapkan mereka dapat menunjukkan penampilan terbaik dengan penuh rasa disiplin dan tanggungjawab," tandasnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar