21 Titik Api Terdeteksi di Sumut

21 Titik Api Terdeteksi di Sumut

Sebaran titik api.

(jw/rzd)

Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:59

Analisadaily (Medan) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mendeteksi ada 21 titik panas (hotspot) yang tersebar di sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Berdasarkan pantauan dari sensor Modis (satelit Terra dan Aqua) terdapat 21 titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen di wilayah Sumut," kata Kepala Bidang Informasi dan Data BBMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Selasa (14/8).

Syahnan menjelaskan, 21 titik panas tersebut berada di beberapa wilayah, 3 titik api berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, 7 di Kabupaten Labuhanbatu, 3 di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), 2 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), dan 6 di Kabupaten Samosir.

Di kabupaten Humbang Hasundutan terlihat di tiga Kecamatan, Pakkat, Pollung, dan Tara Bintang. Di Kabupaten Labuhanbatu terdapat di Kecamatan Panei Hilir dan Panei Tengah.

Di Kabupaten Labura ada di Kecamatan Aeknatas. Di Kabupaten Paluta di Kecamatan Dolok Sigompon, sedangkan di Kabupaten Samosir ada di Kecamatan Harian dan Sitio-tio.

Syahnan juga mengimbau kepada masyarakat agar segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas terkait jika di daerahnya ada ditemukan titik api.

"Selain itu diharapkan masyarakat agar dapat menjaga lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran liar dan membuang puntung rokok secara sembarangan," imbaunya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar