50 Siswa SMK Dapat Beasiswa Bidang Agribisnis dan Agroteknologi

50 Siswa SMK Dapat Beasiswa Bidang Agribisnis dan Agroteknologi

Head of JAPFA Foundation, Andi Prasetyo menjelaskan program beasiswa saat dilaksanakan orientasi penerima beasiswa SMK bidang agribisnis dan agroteknologi di Jakarta, Rabu (13/9)

(jw/csp)

Rabu, 13 September 2017 | 11:11

Analisadaily (Jakarta) - Dari 25 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik Negeri maupun Swasta di 14 provinsi di Indonesia hanya 50 siswa yang terpilih sebagai penerima beasiswa di bidang Agribisnis dan Agroteknologi.

"Siswa itu berasal dari SMKS-PP Putra Jaya Stabat, Sumut 4 siswa, SMKN 02 Subang, Jawa Barat 5 siswa, SMKN 02 Purbalingga, Jawa Tengah, 14 siswa, SMKN 01 Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah 17 siswa,” kata Head of JAPFA Foundation, Adi Prasetyo, Rabu, (13/9).

“Berikutnya, siswa siswi SMKN 01 Cangkringan, Sleman, Jawa Tengah 3 siswa, dan SMKN 01 Plosoklaten, Kediri, Jawa Timur 7 siswa.”

Andi menjelaskan, tujuan beasiswa prestasi untuk membangkitkan minat generasi muda peduli dan membangun industri agribisnis khususnya peternakan tanah air. Hal ini sejalan dengan visi JAPFA Foundation, yakni memaksimalkan potensi kaum muda melalui pendidikan, gizi dan olahraga.

“Pada bidang pendidikan ini, kami ingin mencetak dan menjaring para calon pemimpin agribisnis Indonesia masa depan yang berpotensi melalui program beasiswa," jelasnya.

Melalui program beasiswa prestasi SMK bidang Agrobisnis dan Agroteknologi tahun angkatan 2016, diharapkan bisa mendorong anak-anak muda semakin tertarik dan belajar lebih giat. Dia menambahkan, yang lulus beasiswa harus bersedia bekerja di sektor yang telah ditetapkan di seluruh wilayah Indonesia selama satu tahun.

"Dengan demikian, mereka bisa menyumbangkan keahlian dan pengetahuan yang telah diperoleh di bangku sekolah untuk membangun dunia agribisnis dan agroteknologi di Indonesia," tambah Andi.

Proram ini merupakan kerjasama yang dijalin dengan Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Januari 2017.

Ini tindak lanjut dalam meluncurkan program beasiswa SMK bidang Agribisnis dan Agroteknologi bagi siswa SMK yang berprestasi akademik cemerlang, berjiwa kepemimpinan dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Program-program keahlian SMK dalam beasiswa ini yakni Agribisnis Ternak Ruminansia, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Aneka Ternak, Kesehatan Hewan, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Pengawasan Mutu Hasil Pertanian dan Perikanan.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar