5 Imbauan MUI Binjai Selama Bulan Ramadan

5 Imbauan MUI Binjai Selama Bulan Ramadan

llustrasi. Logo MUI

(Wa/eal)

Rabu, 17 Mei 2017 | 19:15

Analisadaily (Binjai) - Demi menjamin suasana kondusif selama bulan Ramadan 1438 Hijriah, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kota Binjai menyerukan lima imbauan kepada seluruh komponen masyarakat, terutama umat islam di Kota Binjai.

Seruan itu disampaikan secara tertulis ke seluruh instansi pemerintah dan swasta, rumah ibadah, restoran dan pusat perbelanjaan, serta lembaga lainnya, demi menjamin kenyamanan Umat Islam dalam beribadah, ataupun saat menggelar kegiatan syiar keagamaan.

Pertama, DP MUI Kota Binjai meminta seluruh Umat Islam di Kota Binjai agar meningkatkan segala amal saleh dan kualitas ibadah selama bulan suci Ramadan, baik yang bersifat wajib maupun sunnah.

Kedua, meminta Umat Islam untuk mengikuti dan melaksanakan segala kegiatan positif dan bermanfaat, terutama dalam menjamin peningkatan kadar keimanan dan pengetahuan keagamaan.

Ketiga, meminta seluruh komponen masyarakat menciptakan suasana tertib dan damai, terutama dengan mengatur dan meminimalisir penggunaan petasan, kebisingan akibat suara kendaraan, konvoi kendaraan, serta hiruk-pikuk lainnya.

Keempat, menjaga kemurnian dan kesucian Ramadan, dengan mamastikan tidak ada kegiatan yang tidak sejalan dengan nilai dan semangat ke-Islaman, terutama mencegah praktik "asmara subuh" oleh remaja.

Kelima, menjaga semangat toleransi keagamaan dan sikap saling menghargai, terutama bagi masyarakat non-Muslim maupun Muslim yang tidak berpuasa akibat halangan Syar'i, agar tidak makan, minum, dan merokok, di areal publik.

"Kita tentu berharap, seluruh imbauan ini efektif dalam menciptakan Kota Binjai yang aman, nyaman, damai, toleran, dan relijius," seru Ketua DP MUI Kota Binjai, HM Jamil Siahaan kepada Analisadaily.com, Rabu (17/5).

(Wa/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar