5 Anggota DPR dan 2 Senator yang Ditunda Pelantikannya

Kasus Korupsi

Rabu, 1 Oktober 2014 | 10:21

detikNews - Jakarta, Tak semua anggota DPR dan DPD ikut dilantik hari ini, Rabu (1/10/2014). Dari 560 orang, lima orang anggota DPR ditangguhkan pelantikannya. Sementara untuk DPD, dari 132 anggota, 2 di antaranya mengalami nasib serupa.

Ketujuh orang itu pelantikannya ditangguhkan karena bermasalah hukum. Semua terjerat kasus korupsi.

Berikut ketujuh politisi dan senator tersebut beserta kasus mereka:

Idham Samawi
Idham berasal dari PDI Perjuangan Dapil DI Yogyakarta. Kasusnya saat ini ditangani oleh Kejaksaan Tinggi DI Yogyakarta.

Idham yang pernah menjadi Bupati Bantul, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana hibah untuk klub sepak bola Persiba Bantul. Kasus ini masih bergulir, namun sempat muncul akan ada penerbitan SP3.

Kasus dugaan korupsi hibah Persiba juga menyeret mantan Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Bantul Edi Bowo Nurcahyo. Duit negara yang diduga dirugikan mencapai Rp 12,5 miliar.

Herdian Koosnadi
Herdian Koosnadi juga berasal dari PDI Perjuangan. Dia lolos jadi anggota DPR dari Dapil Banten III.

Saat ini, Herdian menjadi tersangka pembangunan Puskesmas di Kota Tangerang Selatan tahun anggaran 2011 dan 2012. Kasusnya ditangani Kejati Banten.

Herdian jadi tersangka bersama sejumlah nama lainnya, termasuk adik Ratu Atut, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan.

Jimmi Damianus Idjie
Jimmi adalah politisi PDI Perjuangan ketiga yang ditunda pelantikannya. Dia berasal dari dapil Papua Barat.

Sebelum jadi anggota DPR, Jimmi pernah memimpin DPRD Papua Barat. Saat menjabat, dia terjerat kasus dugaan korupsi berjamaah kasus dana pinjaman dari BUMD.  Jimmi termasuk dalam 44 anggota DPRD Papua Barat periode 2009-2014 yang terjerat korupsi Rp 22 miliar. Kasusnya ditangani Kejati Papua Barat.

Jero Wacik
Jero Wacik adalah mantan menteri ESDM yang tersangkut kasus korupsi pemerasan dan memperkaya diri sendiri. Kasusnya ditangani KPK.

Politisi Demokrat itu lolos ke DPR dari dapil Bali. Kasusnya masih bergulir di KPK, namun Jero belum ditahan.

Iqbal Wibisono
Iqbal Wibisono adalah politisi Golkar dari Jateng VI. Dia kini berstatus tersangka dalam kasus dugaan korupsi bantuan sosial di Jawa Tengah.

Saat kasus ini bergulir, Iqbal menjabat sebagai anggota DPRD Wonosobo di tahun 2008. Kasus yang menjerat Iqbal ditangani oleh Kejaksaan Negeri Wonosobo.

Chaidir Jafar
Chaidir Jafar merupakan anggota DPD terpilih dari Papua Barat. Dia ditunda pelantikannya karena berstatus tersangka di Kejati Papua Barat.

Sama dengan Jimmie Idjie, Chaidir juga terseret kasus korupsi dana pinjaman untuk DPRD Papua Barat periode 2009-2014.

Zulkarnaen Karim
Zulkarnaen adalah anggota DPD dari Bangka Belitung. Pria yang pernah jadi Wali Kota Pangkalpinang ini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi tukar guling aset pemerintah daerah. Kasus itu kini ditangani Kejaksaan Negeri Pangkalpinang. (mad/nrl)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar