3.874 Siswa di Sumut Lulus SNMPTN 2019

3.874 Siswa di Sumut Lulus SNMPTN 2019

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) (Ist)

(jw/eal)

Jumat, 22 Maret 2019 | 18:50

Analisadaily (Medan) - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kementeristek Dikti) menyatakan sebanyak 3.874 siswa di Sumatera Utara lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

Jumlah tersebut terbagi atas 2.508 siswa lulus di Universitas Sumatera Utara (USU) dan 1.366 lulus di Universitas Negeri Medan (Unimed).

‎Rektor Unimed, Prof. Syawal Gultom, mengimbau siswa yang dinyatakan lulus agar segera melakukan daftar ulang dan melihat informasi lebih lanjut di laman resmi SNMPTN, http://pengumuman.snmptn.ac.id‎.

"Untuk siswa yang lulus di Unimed kami mengucapkan selamat telah bergabung dalam keluarga besar Unimed," kata Syawal, Jumat (22/3).

Syawal mengungkapkan bahwa peserta SNMPTN masih punya kesempatan untuk bersaing kembali di jalur SBMPTN dan jalur Mandiri. Dua jalur masuk PTN tersebut juga akan segera dibuka.

"Kami doakan kepada siswa yang akan mengikuti jalur kedua ini lulus. Sementara siswa yang telah lulus pada tahap pertama ini agar segera menyiapkan dokumen-dokumen untuk mendaftar ulang," ungkapnya.

Sementara Kepala Humas, Protokoler dan Promosi Universitas Sumatera Utara (USU), Elvi Sumanti, menuturkan bahwa pengumuman SNMPTN disampaikan satu hari lebih awal dari yang ditetapkan ‎Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Sabtu (23/3).

"Hal ini mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat," tuturnya. 

Menurutnya, pengumuman yang dilakukan lebih awal juga untuk memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN agar dapat mendaftarkan diri pada SBMPTN UTBK Gelombang I.‎ Selain itu ada juga jalur Mandiri yang akan dibuka di USU.

"Tahun Akademik 2019/2020, USU akan menerima 2.508 calon mahasiswa dari jalur SBMPTN. Sementara jumlah bidik misi yang diterima sebanyak 650 orang," jelasnya.  

Untuk diketahui, peserta yang lulus SNMPTN di 85 PTN se-Indonesia sebanyak 92.331 orang. Sementara jumlah siswa yang mendaftar SNMPTN‎ sebanyak 478.608 orang.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar