310 Konverter Kit Disalurkan Kepada Nelayan

310 Konverter Kit Disalurkan Kepada Nelayan

(Sumber Foto: Istimewa)

(rel/rzd)

Jumat, 21 September 2018 | 21:54

Analisadaily (Medan) - Sebanyak 310 paket konverter kit didistribusikan kepada kapal perikanan bagi nelayan kecil di Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Labuhanbatu, Sumatera Utara, dengan harapan nelayan dapat menghemat biaya bahan bakar melaut.

Pemberian konverter ini bagian dari pelaksanaan program konversi BBM ke bahan bakar gas, khususnya bagi para nelayan di seluruh Indonesia. Penyerahan paket dilaksanakan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial, Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, Plt. Bupati Kabupaten Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe, serta Ast. Manager Sales Administration Domestic Gas Pertamina MOR I, Muhammad Tahir.

Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial mengungkapkan, dengan menggunakan konverter kit berbahan bakar elpiji, penggunaan bahan bakar kapal akan menjadi lebih hemat.

“Pemanfaatan LPG untuk bahan bakar kapal para nelayan kecil terbukti membuat biaya melaut para nelayan menjadi lebih hemat dan efisien, sehingga penggunaan LPG memberikan nilai manfaat ekonomi yang signifikan bagi nelayan kecil,” katanya, Jumat (21/9).

Gus Irawan Pasaribu selaku Ketua Komisi VII DPR RI juga menjelaskan, dengan penggunaan LPG sebagai bahan bakar para nelayan juga dapat berkontribusi untuk mendukung pelestarian lingkungan.

“Selain membangun ekonomi masyarakat, penggunaan bahan bakar gas juga dinilai akan mengurangi pencemaran, karena lebih ramah lingkungan, sehingga dapat memberikan kualitas ekosistem laut yang lebih baik,” ucapnya.

Distribusi paket perdana LPG 3 KG di Labuhanbatu merupakan bagian dari penugasan pemerintah kepada Pertamina untuk melaksanakan konversi BBM ke bahan bakar gas bagi nelayan.

“Sesuai instruksi pemerintah, Pertamina telah melaksanakan pembagian paket konverter kit kepada para nelayan secara bertahap sejak bulan Oktober tahun 2017,” ungkap Tahir.

Untuk alokasi konverter kit bagi nelayan di Sumatera Utara mencapai 1.042 paket yang tersebar di Kabupaten Labuhanbatu 197 paket, Tapanuli Tengah 420 paket, Labuhanbatu Utara 59 paket, Mandailing Natal 315 paket, dan Samosir 51 paket.

Adapun di Provinsi Riau sebanyak 595 paket yang terdiri dari Kota Pekanbaru 67 paket, Kampar 459 paket, dan Indragiri Hilir 69 paket.

Plt. Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe, berharap melalui program konversi ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar Kabupaten Labuhanbatu.

“Kami berharap konversi BBM ke bahan bakar gas ini dapat berguna bagi para nelayan dan masyarakat sekitar di Kabupaten Labuhanbatu,” ungkap Andi.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar