30 Pejabat Eselon III Pemko Medan Ikut Diklat Kepemimpinan

30 Pejabat Eselon III Pemko Medan Ikut Diklat Kepemimpinan

Diklat Kepemimpinan (Istimewa)

(rel/rzd)

Senin, 17 Juni 2019 | 19:02

Analisadaily (Medan) - Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) menggelar Diklat Effective Leadership Training For Best Echelon III di Lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019.

Diklat digelar di Hotel Polonia, Jalan Sudirman. Tujuan diklat untuk memberikan pelatihan bagi pejabat eselon III agar meningkatkan mutu kapasitas kepribadian serta kepemimpian, sehingga menjadi ASN yang produktif dan penuh inovatif dalam bekerja.

Diklat  yang diikuti 30 peserta ini dibuka Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) Renward Parapat. Pembukaan diklat ditandai penyematan tanda peserta secara simbolis.

Para peserta yang berasal dari sejumlah OPD itu selanjutnya mengikuti diklat selama 4 hari. Sejumlah materi menyangkut leadership akan disampaikan narasumber di antaranya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (Fisip USU).

Eldin dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asmum mengatakan, diklat digelar untuk membentuk serta menciptakan pola pikir, serta metode kepemimpinan bagi eselon III. Nantinya diharapkan dapat menjadi seorang abdi negara dan abdi masyarakat yang mampu berpikir kreatif dan inovatif.

“Kegiatan (diklat) ini sangat penting bagi kita guna membentuk pribadi diri yang lebih baik lagi, terlebih dalam mengemban tugas sebagai seorang pelayan bagi masyarakat,” kata Renward, Senin (17/6).

Renward juga mengungkapkan, diklat digelar agar para ASN eselon III dapat lebih mengetahui tupoksinya masing-masing serta mampu menjadi penghubung ke pejabat eselon II.

“Tujuan utama diklat ini diadakan agar eselon III dapat mengerti tupoksinya, sehingga mampu menciptakan sinergi dan kolaborasi dengan eselon II. Juga mampu menjadi pengawas bagi eselon IV dalam setiap pekerjaan,” ungkapnya.

Mantan Kadishub Kota Medan itu selanjutnya mengingatkan, setiap ASN harus mampu memiliki kemampuan beradaptasi. Sebab, iklim pekerjaan akan senantiasa berubah-ubah. ASN harus memiliki kemampuan untuk menguasai dan mampu menyikapi dinamika dalam bekerja.

“Oleh karenanya, agar para peserta megikuti jalannya diklat dengan penuh antusias,” ujarnya.

Kepala BKDPSDM Kota Medan, Muslim Harahap mengungkapkan, ada sejumlah materi yang disampaikan para narasumber, di antaranya cara membangun hubungan relasi yang baik, meningkatkan penampilan diri serta memahami esensi kepemimpinan.

“Diklat ini diharapkan memberi manfaat untuk mendukung pekerjaan para eselon III dalam meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat,” ucapnya.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar