160 TPS di Humbahas Lakukan Pemungutan Suara Ulang

160 TPS di Humbahas Lakukan Pemungutan Suara Ulang

PSU di Kecamatan Dolok Sanggul

(jw/rzd)

Senin, 19 Agustus 2019 | 13:25

Analisadaily (Medan) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) menjalankan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk melakukan Penghitungan Suara Ulang (PSU) hasil Pemilu 2019 untuk perolehan DPRD tingkat provinsi.

Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin mengatakan, dalam PSU kali ini ada 160 TPS yang melakukan penghitungan ulang. Penghitungan ulang dilakukan dengan cara membuka C1 plano di semua TPS, khususnya di Kecamatan Dolok Sanggul.

“Lalu, nantinya diperbaiki oleh KPU setempat, termasuk formulir DAA1, DA1 dan DB1,” kata Herdensi, Senin (19/8).

Selama pemantauan yang dilakukan KPU Sumut, belum ada ditemukan kendala apapun.  Sejauh ini berjalan lancar, dan masih sesuai dengan rencana.  Hingga saat ini penghitungan ulang masih dalam proses penyalinan ke formulir C1.

Herdensi berharap, proses penghitungan ulang bisa selesai dilakukan hari ini. Penetapan Anggota DPRD Provinsi terpilih baru bisa dilakukan setelah penghitungan.

“Jadi, waktunya lima hari setelah penghitungan ulang,” terangnya.

PSU berdasarkan putusan MK dilakukan di 160 TPS yang direkomendasikan hasil dari PHPU Pemilu 2019 yang memerintahkan KPU Humbahas segera menghitung kembali perolehan suara Calon Legislatif (Caleg).

Penundaan ini didasarkan atas putusan MK terkait dikabulkannya salah satu gugatan Caleg Parpol. Gugatan yang dikabulkan memerintahkan KPU Humbang Hasudutan melakukan PSU atas perolehan suara Caleg Parpol yang telah ditetapkan sebelumnya oleh KPU Humbang Hasudutan.

Disamping itu, KPU Humbang Hasudutan diberi waktu selama 14 hari sejak dibacakanya putusan MK untuk kembali melakukan rekapitulasi perolehan suara yang terdapat di sekitar 160 TPS di Kecamatan Dolok Sanggul dengan membuka kertas plano. 

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar