116 Jemaah Calon Haji Embarkasi Medan Gagal ke Tanah Suci

116 Jemaah Calon Haji Embarkasi Medan Gagal ke Tanah Suci

Jemaah calon haji

(jw/rzd)

Senin, 5 Agustus 2019 | 14:22

Analisadaily (Medan) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut, Iwan Zulhami, melepas keberangkatan 346 orang jemaah calon haji Kloter 22, yang merupakan Kloter terakhir embarkasi Medan.

Total hingga Kloter terakhir ini, terdapat 116 orang jemaah calon haji embarkasi Medan yang gagal berangkat pada pelaksanaan ibadah haji tahun 1440 Hijriah.

"Sekitar 116 orang menunda keberangkatan karena berbagai pertimbangan, mulai dari yang sakit, meninggal dunia, hamil dan lainnya," katanya, Senin (5/8).

Iwan menjelaskan, penundaan ini sudah dilakukan sesuai prosedur, baik dari pihak kesehatan, Kementerian Agama, maupun dari pihak penerbangan.

"Insya Allah, kalau keadaan mereka sehat, serta mengajukan permohonan untuk berangkat pada tahun depan, maka tahun depan akan kita berangkatkan," jelasnya.

Iwan juga mengungkapkan, untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini, dari keseluruhan jemaah yang diberangkat, 62 persen diantaranya merupakan jemaah dengan risiko tinggi atau lanjut usia (lansia).

"Kita berharap agar mereka sehat di sana, bisa menjalankan semua rukun dan syarat haji, dan kembali ke tanah air dengan sehat wal afiat," ungkapnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar