1 Juta Warga Korsel Tuntut Pengunduran Diri Presiden

1 Juta Warga Korsel Tuntut Pengunduran Diri Presiden

Warga Korea Selatan yang mengadakan aksi unjuk rasa di pusat Kota Seoul, Sabtu (12/11)

Minggu, 13 November 2016 | 14:28

Analisadaily – Dalam rally anti pemerintahan terbesar di dekade ini, lebih dari 1 juta warga Korea Selatan turun ke jalan, tepat di pusat kota Seoul pada Sabtu (12/11) menuntut pengunduran diri Presiden Park Geunhye yang melibatkan sahabatnya, Choi Soon Sil.

Unjuk rasa ini sendiri digelar dari bundaran Gwanghwamun hingga stasiun Anguk dimana demonstran mengepung kediaman presiden hingga malam hari.

Pejabat berwenang mengungkapkan ada lebih dari 260 ribu aparat kepolisian yang turun dalam aksi tersebut seperti dilansir Korea Herald, Minggu (13/11).

Rally ini sendiri adalah yang terbesar di Korea Selatan sejak Juni 1987 yang menunjukkan amarah publik kepada sang pemangku tahta.

Hingga pukul 11 malam, pengunjuk rasa masih memberikan aspirasinya sembari memegang lilin dan menampilkan kegiatan musikal yang berlanjut hingga dini hari. Meski melibatkan banyak partisipan, rally ini berjalan damai tanpa seorang pun yang terluka.

“Pemerintah telah membodohi rakyat Korea Selatan. Saya sudah tidak bisa bersabar lagi menghadapi Park Geunhye,” ujar Choi, seorang demonstran yang datang dengan keluarganya.

“Ketika anak saya bertanya siapa pemilik negara ini, saya ingin mengajarkannya bahwa kami, orang Korea lah yang memilikinya bukan orang-orang yang berkuasa. Saya sebenarnya tidak punya minat terhadap politik, namun saya harus turun karena saya ingin anak saya tinggal di lingkungan yang lebih baik,” ujar Yoon Song Yi, seorang wanita yang berunjuk rasa dengan anaknya yang berusia 6 tahun.

Bukan hanya warga, tiga partai oposisi juga bergabung dalam rally tersebut beserta dengan walikota Seoul.

Kegiatan ini sendiri diketahui baru berakhir pada pukul 4 pagi dengan damai dimana para peserta secara bergantian menyampaikan suaranya di atas panggung.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar